ShoutMix chat widget

Sabtu, 16 Juli 2011

PASAR BARU DIGULUNG SI GULAMBAI

Minggu, 17 Juli 2011 00:21

Padang membara lagi. Sebanyak 18 petak bangunan jadi abu di Pasar Baru. Tak ada korban jiwa. Kerugian mencapai Rp800 juta. Masyarakat diminta hati-hati.

Kota Padang seolah sangat identik dengan kebakaran. Tak ada waktu tanpa kebakaran. Kemarin, Sabtu (16/7) sekitar pukul 18.30 WIB terjadi kebakaran hebat di Jalan Dr M Hatta, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang arah Kampus Unand.

Saat azan Magrib berkumandang, api pun mengganas. Masyarakat menjerit. Terperanjat. Tempat tinggal dan usaha mereka hangus dilahap si gulambai. Mereka panik karena puasa makin dekat.

Lebih kurang 18 pintu berbagai jenis bangunan terbakar. Kerugian ditaksir Rp800 juta. Untunglah, tak ada korban jiwa dalam musibah ini kendati dilaporkan dua orang korban luka bakar ringan.

Berdasarkan keterangan saksi mata, Ahmadi (45) api berasal dari salah satu toko fotokopi. Ia mengatakan, salah seorang warga yang sedang menyalin bensin ke jeriken kecil tertumpah dan disambut api.

Api cepat menjalar ke bangunan lain karena pada saat yang sama angin bertiup cukup kencang. Bangunan lain yang turut terbakar terdiri atas toko, rumah kos dan rumah warga.

Api baru bisa dijinakkan tim pemadam kebakaran sekitar pukul 21.30 dengan melibatkan 12 unit mobil penjinak api yang didatangkan dari Dinas Kebakaran 7 unit, 1 Fire Rescue Damkar, 2 unit dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, dan 1 unit dari Universitas Andalas

“Kerugian sekitar delapan ratus juta,” kata Basril, Kasi Operasional Dinas Pemadam Kebakaran kepada Haluan Sabtu (16/7) malam.

Kebakaran tersebut, kata Basril, menghanguskan 4 rumah warga, 12 ruko semi permanen, 2 ruko per­manen. “Satu korban luka bakar bernam Ujang Usu usia 30 tahun dan Herman pingsan saat melihat kejadian itu. Kedua dibawa ke Bidan Ani tak jauh dari lokasi kebakaran,” ujarnya.

Dua Kali Ledakan

Saat api membubung ke langit, terdengar keras ledakan sebanyak dua kali yang sempat mengejutkan petugas pemadam kebakaran. Lebih kurang dua setengah jam petugas dibantu masyarakat bergulat menji­nakkan si jago merah itu.

Dari pantauan Haluan saat kebakaran itu terjadi, lebih dari seribu warga dan mahasiswa memenuhi kawasan Pasar Baru. Lautan manusia ini juga sempat menghambat mobil pemadam kebakaran yang terpaksa bolak-balik mengisi mobil air.

Sementara itu, dua kilometer dari Pasar Baru menuju arah Pasa Raya Padang terjadi kemacetan panjang yang dipenuhi kendaraan roda dua dan roda empat. Bahkan tak sedikit warga yang terjebak macet memilih memarkirkan kendaraan di bibir jalan dan rela berjalan kaki ke Pasar Baru hanya untuk melihat dahsyatnya kebakaran tersebut. (h/cw13/wan)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons